Kumpulan aneka berita fashion, kesehatam, kuliner dan viral yang paling trending di Indonesia.

Seberapa Penting Asam Folat Bagi Tubuh? Yuk Simak!

0
Posted in Kesehatan By admin

Asam folat adalah vitamin yang sangat diperlukan dalam proses pembangunan tubuh. Itulah mengapa, ibu yang sedang hamil sangat membutuhkan asupan asam folat agar bayi yang dikandungnya lahir dengan sempurna. Sangat dianjurkan bagi ibu yang melakukan program hamil untuk mengonsumsi asam folat terlebih dahulu. Asam folat ini merupakan vitamin B kompleks yang sifatnya larut dalam air. Zat ini membantu proses produksi DNA yang menjadi unsur dasar sel tubuh manusia supaya organ-organ terbentuk dengan seutuhnya.

Kegunaan Asam Folat

Sejak dahulu sudah diketahui bahwa asam folat merupakan zat penting yang harus disediakan untuk tubuh. Inilah beberapa fungsi yang bisa diperoleh jika kandungan asam folat dalam tubuh tercukupi, yaitu :

  • Pembentukan sel tubuh dengan baik

Asam folat yang dibantu oleh vitamin B12 dan vitamin C, berperan penting dalam memecah dan mempergunakan protein. Kolaborasi ini juga bermanfaat untuk membentuk protein baru yang akan membawa sel darah  dan juga membentuk DNA. Seperti yang kita ketahui bersama, DNA merupakan unsur dasar dalam tubuh yang membawa kode genetik seseorang.

  • Mencegah Anemia

Anemia adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami kekurangan sel darah merah. Kondisi ini sangat berbahaya karena sel darah merah merupakan tenaga pengangkut utama dalam mendistribusikan sari-sari makanan ke seluruh bagian tubuh. Jika makanan Anda mengandung tinggi asam folat, besar kemungkinannya Anda akan terhindar dari anemia karena salah satu fungsi utama asam ini adalah untuk pembentukan sel darah merah.

  • Mengurangi resiko bayi lahir cacat

Seperti uraian di atas, asam folat penting untuk pembentukan DNA agar tidak terjadi kesalahan dalam prosesnya. Tercukupinya kebutuhan asam folat akan membuat proses produksi DNA bisa sempurna. Sehingga, organ tubuh akan terbentuk dengan lengkap. Itulah mengapa asam folat penting di awal-awal masa kehamilan karena dalam masa ini pembentukan organ dalam seperti otak, jantung, paru-paru dan sistem syaraf sudah mulai dilakukan.

Daftar Makanan Tinggi Asam Folat

Pentingnya mengetahui fungsi asam folat harus juga diiringi dengan pengetahuan akan bahan makanan yang mengandung vitamin ini. Berikut adalah contoh makanan yang kaya akan asam folat.

  • Kacang-kacangan, seperti kacang lentil yang mengandung 180 mcg dalam porsi setengah gelas.
  • Sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan asparagus. Dalam satu cangkir asparagus, Anda akan mendapatkan 262 mcg asam folat, begitu pula dengan bayam dan brokoli.
  • Buah Jeruk, mengandung 50 mcg asam folat dalam satu gelas perasan air jeruk tanpa tambahan air.
  • Biji bunga matahari, juga diketahui mengandung asam folat tinggi yaitu 82 mcg dalam 1 ons biji bunga.
  • Kembang kol, sayuran yang satu ini selain digemari oleh anak-anak, juga merupakan sayuran yang kaya gizi. Anda bisa mendapatkan 5 mcg asam folat dari satu cangkir kembang kol.

Ternyata, banyak sekali fungsi dari vitamin yang satu ini. Di samping itu, mendapatkan asam folat ternyata tidak sulit karena bahan-bahan makanan yang ada di sekitar kita terbukti memiliki kandungan asam folat tinggi. Jadi, bagi Anda yang hoby ngemil kwaci, sepertinya harus terus dibudayakan dan ditularkan pada seluruh anggota keluarga.

Leave a Reply