Kumpulan aneka berita fashion, kesehatam, kuliner dan viral yang paling trending di Indonesia.

Perkembangan Bayi 1 Bulan dan Cara Merawatnya Dengan Benar

0
Posted in Kesehatan By admin

Seorang ibu harus cermat dalam memperhatikan perkembangan bayi 1 bulan pertama. Apa saja yang bayi lakukan dan bagaimana cara merawat bayi dalam usia 1 bulan ini. Secara fisik semakin lama bayi akan terlihat semakin bersih. Kerutan yang ada di badannya juga akan mulai menghilang. Mungkin bagian tulang kaki dan tangan masih tampak bengkok. Namun semakin lama itu akan menjadi hal yang lebih wajar.

Dalam perkembangan bayi usia 1 bulan ini ia sudah mulai melakukan gerakan-gerakan. Seperti mengepalkan tangannya saat kita meletakkan jari ke tangan bayi. Ada juga gerakan minor kepala dan masih banyak yang lainnya. Kita harus berusaha mencermati sinyal yang diberikan sang bayi kepada kita. Khususnya dalam aspek tatapan mata bayi dan juga suara bayi tersebut. Seiring dengan bertambahnya usia bayi, maka akan semakin berkembang pula cara bayi berkomunikasi dengan kita.

Perkembangan Bayi 1 Bulan dan Cara Merawatnya Dengan Benar

Mengenali Perkembangan Bayi 1 Bulan dan Cara Merawatnya

Mungkin bayi anda akan mengalami sedikit penurunan berat badan pada masa awal setelah kelahiran. Tetapi berat bayi baru lahir bisa kembali naik pada waktu 10 hingga 12 hari. Kemudian akan bertambah berat badannya 100 hingga 200 gram dalam setiap minggu. Dan panjangnya juga bertambah antara 2 hingga 5 cm pada bulan pertama.

Kemampuan Motorik Bayi Usia 1 Bulan

Perkembangan kemampuan motorik seiring bertambahnya usia bayi akan berlangsung secara bertahap. Sejak baru lahir hingga usia 1 bulan, bayi bisa mencengkeram tangan dengan kuat. Di usianya 2 minggu bayi fokus memperhatikan objek yang ada dalam jarak 20 hingga 35 cm. Saat anda menggerakkan wajah ke kiri dan ke kanan itu bisa melatih otot mata bayi mengikuti fokus pergerakan objek. Saat bayi berusia 3 minggu keatas sudah bisa ditengkurapkan agar dapat memperkuat otot leher bayi.

Bayi ketika usianya 1 bulan sudah bisa fokus memperhatikan wajah yang ada di dekat bayi mulai memperhatikan wajah orang-orang di sekitarnya kadang-kadang bayi terkejut ketika mendengar suara yang keras atau merespon dengan cara menangis sebagian bayi menjelang usia 1 bulan mulai mampu menunjukkan ekspresi dengan tertawa atau mengeluarkan suara yang menjadikan cara untuk berkomunikasi sebaiknya anda juga merespon ekspresi bayi agar ia mendengarkan anda yang sedang berbincang.

Memahami Tangisan Bayi 1 Bulan

Jika kita berbicara soal perkembangan bayi 1 bulan pertama. Kita bisa menjumpai hal yang paling dominan yang biasanya dilakukan oleh bayi yakni mengeluarkan tangisan. Sebenarnya tangisan itu berfungsi sebagai bermacam-macam makna. Yang menyangkut apa yang sedang coba diutarakan oleh sang bayi khususnya kepada kedua orang tuanya. Untuk anda para ibu pasti punya intuisi yang lebih bagus dalam menginterpretasikan tangisan bayi. Pada minggu-minggu pertama ibu yang punya bayi sebelumnya sudah bisa membedakan seperti apa jenis tangisan bayi. Juga makna yang terkandung dalam tangisan tersebut. Jika kita cermati tangisan bayi yang masih berada dalam masa perkembangannya, kita akan menemukan beberapa pesan yang coba bayi utarakan.

Umumnya bayi menangis dengan alasan utama karena faktor lapar. Ibu harus benar-benar cermat tentang hal ini. Sebab penting sekali untuk memperhatikan kesehatan bayi tanpa melewatkan pemberian ASI untuk bayi. Bayi menangis juga bisa berarti ia merasa tidak nyaman. Mungkin bayi merasa kepanasan atau mungkin merasa kedinginan. Kadang tangisan bisa berarti bayi butuh perhatian lebih. Seperti misalnya dipeluk, digendong, atau mendapat belaian sayang dari orang tua.

Kita sebagai orang tua harus paham betul perkembangan bayi 1 bulan sampai ia besar. Sehingga anak kita bisa berkembang dengan baik dan sehat.

Leave a Reply