Kumpulan aneka berita fashion, kesehatam, kuliner dan viral yang paling trending di Indonesia.

Memahami Perkembangan Bayi 9 Bulan yang Belum Tumbuh Gigi

0
Posted in Kesehatan By admin

Tumbuhnya gigi pada bayi merupakan sebuah hal yang sifatnya diturunkan. Sehingga ini akan berbeda-beda prosesnya untuk setiap bayi. Bila gigi orang tua tumbuh pada waktu lebih awal saat bayi, maka kemungkinan gigi bayi juga bisa tumbuh dengan lebih cepat. Dalam perkembangan bayi 9 bulan, umumnya sudah memiliki gigi pertama yang tumbuh. Akan tetapi, bila anda mempunyai bayi 9 bulan yang belum tumbuh gigi, sebenarnya ini masih normal. Dan bukan berarti perkembangan bayi anda terganggu.

Umumnya gigi pertama bayi tumbuh pada usia 6 bulan. Lantas pertumbuhan gigi bayi bisa lengkap saat usianya 2 sampai 3 tahun. Ini akan bertahap, digantikan dengan gigi dewasa atau gigi tetap saat menginjak usia 12 tahun. Lalu apa yang menjadi penyebab bayi 9 bulan yang belum tumbuh giginya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Memahami Perkembangan Bayi 9 Bulan yang Belum Tumbuh Gigi

Solusi Perkembangan Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi

Memulai kebiasaan untuk menjaga kebersihan rongga mulut si kecil tidak ada salahnya. Meskipun gigi pertamanya belum tumbuh, disamping ini memulai kebiasaan untuk sikat gigi, maka kebiasaan membersihkan gusi dapat mengantisipasi gigi anak terserang bakteri saat tumbuh keluar dari gusi. Anda dapat membersihkan gusi bayi saat mandi. Ini bisa dilakukan dengan memakai kain basah yang berfungsi membungkus jari anda. Lalu gosok gusi dengan lembut dan perlahan.

Lewat kebiasaan ini, anda akan mudah mengenali bila ada perubahan yang terjadi di rongga mulut bayi. Atau saat gigi mulai tampak di balik gusi. Meskipun gigi bayi biasanya muncul tanpa ada gejala yang mendahului. Tapi ada juga beberapa bayi yang mengalami gejala saat akan tumbuh gigi dan membuatnya merasa tidak nyaman.

Adapun gejala yang sering muncul menjelang tumbuh gigi pertama diantaranya adalah:

  • bayi lebih sering mengeluarkan air liur
  • salah satu sisi pipi dan juga gusi akan berwarna kemerahan ruam atau bengkak
  • bayi rewel
  • bayi sering menggosok gusi
  • menolak untuk makan atau tidur
  • bayi akan menggosok-gosok telinganya.

Gejala yang tidak nyaman ini bisa diredakan dengan cara memberi kain basah yang dapat dikunyah bayi. Atau membawa bayi ke dokter gigi agar bisa memperoleh penanganan lebih lanjut dan melakukan pemeriksaan gigi pertama. Sebaiknya pemeriksaan gigi pertama untuk bayi yang belum tumbuh gigi ataupun yang sudah harus tetap dilakukan saat bayi berusia 1 tahun.

Makanan Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi

Saat bayi belum tumbuh gigi di usia 9 bulan, maka ada makanan tepat yang anda bisa berikan pada bayi anda. Diantaranya adalah:

Tahu adalah olahan kedelai dengan tekstur lunak. Dan ini sangat baik untuk bayi karena mudah ditelan dan dicerna. Sumber kalsium, magnesium serta protein ada dalam tahu ini. Anda bisa campurkan tahu dalam makanan bayi bersama sayuran atau telur.

Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang baik untuk kesehatan bayi. Kandungan zat besi didalamnya baik untuk melancarkan peredaran darah bayi. Disamping itu, bayam juga mengandung vitamin C yang diperlukan oleh bayi. Anda bisa campurkan bayam ke dalam bubur yang diberikan untuk bayi anda.

Pisang juga baik untuk bayi anda. Pisang mengandung serat yang tinggi dan sangat baik dalam melancarkan pencernaan buah hati anda. Disamping itu, pisang juga mengandung vitamin B yang baik untuk kesehatan bayi. Haluskan buah pisang dan berikan pada bayi.

Seperti itulah dalam memahami perkembangan bayi 9 bulan yang belum tumbuh gigi dan cara memberikan asupan makanan bergizi untuk bayi. Periksakan ke dokter jika sampai usia 18 bulan, gigi pertama bayi belum tumbuh.

Leave a Reply