Kumpulan aneka berita fashion, kesehatam, kuliner dan viral yang paling trending di Indonesia.

Usia Kehamilan 2 Bulan

0
Posted in Kesehatan By admin

Pada usia kehamilan dua bulan, bunda mungkin masih merasakan berbagai keluhan morning sicknes, lalu apasajakah yang terjadi pada bunda dan janin saat usia kehamilan 2 bulan? Berikut penjelasannya.

Ciri-ciri hamil 2 bulan

Seiring dengan janin yang terus berkembang dalam Rahim anda, tubuh anda pasti akan mengalami berbagai keluhan dan perubahan. Pada dasarnya  perkembangan janin usia 2 bulan ini tidak jauh berbeda dengan perkembangan janin saat usia 1 bulan. Namun mungkin anda akan merasakan gejala baru diantaranya adalah:

Morning sicknes

Gejala kehamilan yang paling umum dirassakan oleh ibu hamil pada trimester pertama  adalah morning sicknes dimna anda akan merasakan mual dan muntah. Meskipun kondisi mual dan muntah ini tidak akan mengganggu janin anda namun tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman terhadap bunda. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi gejala morning sicknes ini.

Perubahan mood

Perubahan mood yang sering kali terjadi pada ibu hamil merupakan salah satu dampak dari adanya perubahan hormon. ibu hamil akan mengalami perubahan hormon yang drastic seperti anda bisa merasakan gembira yang teramat gembira atau bahkan sedih yang teramat sedih. Hormon yang berpengaruh terhadap perubahan hormon ini adalah hormon progesterone dan hormon estrogen. Untuk mengatasi hal ini bunda sebaiknya istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Sering merasa ingin buang air kecil

Perubahan hormon yang terjadi pada usia kehamilan 2 bulan juga menyebabkan frekuensi buang air kecil bunda menjadi lebih sering. Karena saat janin sudah mulai menempel pada Rahim maka saat itu tubuh ibu hamil mulai memproduksi hormon human chrorionik gonadoptropin yang dapat memicu produksi urin semakin meningkat.

Perubahan pada payudara

Meningkatnya hormon estrogen dan hormon progesterone akan mengakibatkan payudara ibu hamil mengalami pembesaran dan lebih padat sehingga payudara akan menjadi lebih sensitive dan nyeri bila terkena sentuhan. Untuk mengatasinya bunda bisa menggunakan bra khusus untuk ibu hamil.

Varises

Meningkatnya hormon dan meningkatnya volume darah sehingga menyebabkan pembuluh darah mengalami pembengkakan sehingga akan timbul pembengkakan pada kulit anda terutama pada bagian payudara, paha dan perut anda. Untuk mengatasinya maka hindari berdiri terlalu lama serta biasakan melakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan kecil.

Ngidam

Perasaan ngidam timbul karena kekurangan nutrisi dan adanya perubahan hormon, anda mungkin akan mengalami ngidam makanan yang umum hingga makanan yang bahkan mungkin belum anda temui. Jika memungkinkan sebaiknya penuhi keinginan anda kecuali jika itu merupakan sesuatu yang merupakan tantangan untuk ibu hamil.

Flek darah

Flek darah yang ditimbulkan bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah karena janin yang sudah mulai menempel pada Rahim dan adanya perubahan hormon. Jika kualitas flek anda sangat banyak dan jika cairan darah yang keluar tersebut memiliki bau sebaiknya bunda segera berkonsultasi dengan dokter.

Asam lambung

Keluhan umum yang mungkin terjadi pada ibu hamil adalah keluhan pada pencernaan, dan salah satunya adalah asam lambung. Hal ini juga pada dasarnya disebabkan oleh adanya perubahan hormon yang melemaskan otot kerongkongan sehingga cairan asam lambung tersebut naik ke tenggorokan. Untuk menghindari dan mengatasinya hindari mengonsumsi makanan pedas, asam dan makanan-makanan lain yang bisa memicu asam lambung naik. Perbanyak juga mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur.

Leave a Reply