Kumpulan aneka berita fashion, kesehatam, kuliner dan viral yang paling trending di Indonesia.

8 Manfaat Temu Lawak Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

0
Posted in Kesehatan By admin

Tanaman herbal temulawak adalah salah satu jenis tanaman dari Indonesia yang juga digunakan sebagai rempah rempah dan dimanfaatkan sebagai obat herbal. Tanaman temulawak ini juga mengandung zat kurkuminoid serta minyak asiri Kurkuminoid. Kurkuminoid merupakan zat pemberi warna kuning yang ada dalam rimpang yang sifatnya antibakteria, anti-kanker, serta anti-radang. Di dalam temulawak juga terdapat kandungan minyak atsiri yang memiliki bau rasa yang khas.

8 Manfaat Temu Lawak Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Temu Lawak Untuk Kesehatan

Temulawak sekarang ini sudah semakin dikenal secara luas menjadi obat herbal asli Indonesia yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Yang mana pada bagian yang sering dimanfaatkan yaitu pada bagian akar, atau bisa juga dinamakan dengan rimpang. Akar inilah yang nantinya akan diolah menjadi obat herbal serta minuman tradisional. Sama halnya dengan jamu temulawak yang juga cukup menyehatkan. Berikut ini manfaat temu lawak untuk kesehatan tubuh.

1. Melancarkan Proses Pencernaan

Manfaat temulawak yang pertama yaitu bisa melancarkan proses pencernaan. Sebab di dalam tanaman herbal temulawak ini terdapat kandungan senyawa yang diketahui bisa untuk merangsang produksi empedu, yang bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan juga bisa mengatasi masalah pencernaan.

2. Membantu Melancarkan Buang Air Besar

Di dalam temulawak juga terdapat kandungan serat dan juga kurkumin yang cukup tinggi. Maka bisa membantu melancarkan buang air besar. Maka dari itu, untuk Anda yang mempunyai masalah susah buang air besar, anda bisa mengkonsumsi temulawak dengan rutin.

3. Mengatasi Radang Sendi

Di dalam temulawak yang terdapat kandungan kurkumin bisa bermanfaat untuk membantu mengurangi radang sendi pada tubuh Anda. Yang mana kurkumin ini bisa berperan untuk menghambat perpindahan sel-sel leuksit  di daerah yang mengalami radang. Selain itu juga menghambat pembentukan serta transportasi mediator radang yang dinamakan dengan prostaglandin.

4. Menjaga Kesehatan Fungsi Hati

Temulawak juga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan dari fungsi hati. Hal ini di dalam temulawak juga mengandung katagoga yang berfungsi untuk memproduksi empedu pada organ hati dan juga merangsang pengosongan empedu.

5. Mencegah Kanker

Tak hanya bisa membantu dalam menjaga kesehatan fungsi hati, manfaat tumbuhan temulawak juga bisa membantu Anda untuk mengurangi risiko terkena kanker. Walaupun diperlukan penelitian lebih lanjut, akan tetapi secara umum temulawak disarankan untuk dikonsumsi oleh para pasien penderita kanker.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Ekstrak temulawak juga punya khasiat bagi kesehatan lainnya, misalnya saja bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dengan  keseluruhan. Yang mana khasiat temulawak yang bisa membantu menurunkan kolesterol maupun menurunkan lemak darah ini pastinya berdampak baik dalam menjaga kesehatan jantung dan juga sistem kardiovaskular pada tubuh.

7. Melancarkan ASI pada Ibu Menyusui

Khasiat tanaman temulawak bagi ibu menyusui yaitu bisa meningkatkan dan juga melancarkan produksi ASI. Yang mana di temulawak terdapat kandungan antioksidan tinggi yang bisa bermanfaat untuk mencegah terjadinya perubahan atau oksidasi nutrisi yang dibutuhkan  untuk memproduksi ASI seperti halnya protein serta asam lemak.

Apabila terjadi oksidasi nutrisi, maka produksi ASI bagi wanita yang sedang menyusui bisa berkurang. Tak hanya itu, kualitas ASI juga bisa menurun. Guna mencegah serta mengatasi hal ini, wanita menyusui bisa mengkonsumsi jamu temulawak dengan rutin.

8. Meningkatkan Nafsu Makan

Efek minyak atsiri yang ada dalam temulawak ini sifatnya karminativum. Yang mana bisa membantu Anda untuk meningkatkan nafsu makan. Maka dari itu, temulawak ini cocok sekali jika dikonsumsi oleh Anda yang memiliki masalah pada nafsu makan.

 

Leave a Reply