Kumpulan aneka berita fashion, kesehatam, kuliner dan viral yang paling trending di Indonesia.

7 Manfaat daun Kelor Untuk Kesehatan Ibu Hamil Hingga Melahirkan

0
Posted in Kesehatan By admin

7 Manfaat daun Kelor Untuk Kesehatan Ibu Hamil Hingga Melahirkan

Tanaman kelor saat ini banyak dicari oleh banyak orang sebab memiliki banyak sekali manfaat. Ini semua telah menjadi bukti jika tanaman kelor memang dapat kesehatan semua orang, termasuk juga untuk ibu hamil. Bagian yang dapat dimanfaatkan dari daun kelor yaitu daunnya. Daun kelor dapat dijadikan serbuk yang selanjutnya diolah menjadi minuman atau teh daun kelor. Bisa juga dijadikan makanan seperti keripik. Dibalik itu semua ternyata manfaat daun kelor juga baik untuk ibu yang sedang hamil. Lebih jelasnya berikut ini manfaat daun kelor bagi ibu hamil.

Kaya akan nutrisi

Gizi ibu hamil sebaiknya dicukupi guna mendukung pertumbuhan janin yang sehat dan kuat. Daun kelor dapat dijadikan sebagai asupan gizi untuk ibu hamil. Sebab terdapat kandungan vitamin dan mineral yang lengkap. Tidak hanya itu saja, sebab daun kelor juga terdapat kandunagn asam amino. Dari daun kelor seorang ibu bisa memperoleh nutrisi lebih khususnya sumber vitamin A, vitamin C, vitamin E, protein, kalium serta kalsium.

Mencegah berbagai penyakit

Ibu hamil  kerap mengeluhkan tubuhnya yang mudah sakit. Dengan makan daun kelor ternyata dapat mencegah tubuh ibu dari beraneka jenis penyakit. Daun kelor juga memiliki kandungan bahan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel serta peradangan. Tentunya daun kelor juga dapat digunakan untuk keluhan ibu hamil yang merasa cepat lelah.

Mencegah resiko bayi cacat

Bayi cacat sejak berada di kandungan dapat disebabkan oleh faktor keadaan kehamilan ibu, riwayat genetik serta permasalahan DNA. Daun kelor juga terbukti terdapat kandunagan bahan polifenol, flavonoid serta asam askorbat. Dari tiga jenis bahan ini ternyata dapat  mencegah kerusakan DNA serta degradasi DNA yang dapat mengakibatkan janin cacat pada kandungan.  Daun ini juga dapat digunakan sebagai pencegah kerusakan organ untuk ibu hamil selama hamil dan sampai sesudah melahirkan.

Menurunkan resiko peradangan

Peradangan merupakan gangguan yang cukup serius sebab terjadi pada tubuh yang dapat merusak organ serta sistem metabolisme. Peradangan bahkan juga dapat mengakibatkan resiko kelainan jantung di bayi yang baru lahir, obesitas ketika hamil serta radang sendi yang cukup parah. Daun kelor dapat menanggulangi peradangan,  sebab bisa membantu menekan enzim pada tubuh yang mengakibatkan proses inflamasi. Dengan demikian daun kelor akan menurunkan resiko penyakit yang diakibatkan oleh peradangan.

Menurunkan resiko diabetes

Gestational diabetes termasuk suatu keadaan yang bisa membuat ibu hamil keadaannya jadi buruk dan janin yang tidak sehat. Daun kelor ternyata sangat baik untuk menurunkan resiko diabetes. Sebab di dalam daun kelor terdapat zat yang nantinya bekerja untuk mengurangi kadar lipid dan kadar gula dalam darah. Maka kerusakan sel tidak terjadi dengan cepat pada tubuh ibu hamil.

Menjaga kesehatan otak dan sistem syaraf

Di dalam daun kelor terdapat kandungan vitamin C dan vitamin E yang begitu penting untuk otak ibu hamil. Vitamin tersebut dapat membantu mencegah penurunan fungsi syaraf dan juga otak. Dengan demikian dapat mencegah masalah suasana hati yang buruk ketika hamil dan sesudah melahirkan. Ini juga penting sekali dalam mencegah sindrom baby blues sesudah melahirkan.

Menjaga kesehatan liver

Daun kelor memiliki kandungan polifenol yang sangat tinggi.  Manfaat daun kelor bisa menjaga kesehatan liver, sebab bisa mencegah racun yang menumpuk pada liver dan mengurangi potensi oksidasi. Daun kelor juga bisa bekerja di dalam membersihkan liver. Selain itu bisa juga untuk meningkatkan kandungan protein dalam liver , jadi  liver ibu hamil tetap sehat.

Leave a Reply